PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU DAN QR CODE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
#PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK
PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU DAN QR CODE
DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
THE USE OF MEDIA CARD GAMES AND QR CODES
CAN IMPROVE LEARNING OUTCOMES
Edi Suhardi
SMP Negeri 7 Belitang Hulu, Kab. Sekadau, Prov. Kalimantan Barat
Email: babang_dedek12@yahoo.co.id
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan media permainan kartu dan QR Code dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2019 yang bertempat di SMP Negeri 7 Belitang Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sampel berjumlah 28 siswa kelas VIII SMP. Instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar observasi, lembar wawancara dan hasil tes belajar IPS pada materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean. Pada penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami perubahan yang signifikan dan hal ini terlihat dari persentase ketuntasan pada siklus I 67,86% meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan media permainan kartu dan QR code efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: Kartu, QR Code, Hasil Belajar
Abstract: The purpose of this study is to determine the level of media use of card games and QR Code in an effort to improve students' social studies learning outcomes. This research was conducted in August to October 2019 which was held at SMP Negeri 7 Belitang Hulu. The method used in this study was Classroom Action Research with a sample of 28 students in class VIII of junior high school. The instruments used in the form of lesson plans, observation sheets, interview sheets and social studies test results on the material Spatial Interaction in Life in Asean Countries. In this research, 2 cycles were conducted. The results showed that student learning outcomes experienced significant changes and this was seen from the percentage of completeness in the first cycle 67.86% increased in the second cycle to 82.14%. Based on these results it can be proven that the use of media card games and QR codes is effective in improving students' social studies learning outcomes.
Keywords: Cards, QR Code, Learning Outcomes
Download : Diklik disini untuk mendownload (*.pdf)
Komentar
Posting Komentar